Administrasi Perkantoran atau Kesekretariatan membekalimu dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan. Sejalan dengan tuntutan pekerjaan Administrasi Perkantoran, para mahasiswa mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi infornmasi (komputer) dan internet, bahasa Inggris, dan lain-lain. Melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat perkantoran, dan menyediakan peralatan perkantoran merupakan pekerjaan Administrasi Perkantoran. jurusan Administrasi Perkantoran menghasilkan profesional yang bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Maka dari itu profesi ini tidak bisa dianggap remeh. Biasanya profesi administrasi seperti sekretaris memang identik dengan wanita, hal ini disebabkan karena pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi pria untuk bekerja di bidang administrasi.
kenapa memilih jurusan ini?
Jika kamu senang berpakaian rapih dan berpenampilan menarik, menguasai bahasa asing, dan memiliki keahlian dalam korespondensi, komunikasi, tata penyimpanan file, hingga mengorganisir acara pertemuan bisnis. maka jurusan ini cocok buat kamu
Mata Kuliah Sekretaris & Administrasi Perkantoran :
I KELOMPOK UNIT KOMPETENSI
1 Microsoft Word
2 Microsoft Excel
3 Korespondensi Bisnis
4 Komunikasi Bisnis dan pemasaran
5 Kesekretarisan I
6 Customer Service dan Public Relation
7 Administrasi Perkantoran
8 Microsoft Access
9 Microsoft Power Point dan Persentasi
10 Kearsipan Modern & Praktek
11 Kesekretarisan II
12 Bisnis dan Perbankan
13 Praktek kesekretarisan & Administrasi
II KELOMPOK NON-UNIT KOMPETENSI
1 English Conversation I
2 Program Pengembangan Diri
3 Dasar-dasar Akuntansi
4 K3 Perkantoran
5 Dasar-dasar Perpajakan
6 English Conversation II
Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan)
Lulusan program studi ini bisa bekerja di berbagai industri menjadi staff administrasi (produksi, dokumen, operasional, ekspor impor), resepsionis, personalia, sekretaris, asisten sekretaris di Berbagai lembaga atau organisasi pemerintah atau swasta