Kursus di Samarinda-Ghanesa Group : Program Kuliah Administrasi Perkantoran Terbaik di Samarinda
Tertarik dengan Administrasi Perkantoran? Tapi bingung mau kuliah dimana? Jangan cemas, ikuti terus artikel ini yah..
Banyak sekali dari kita yang menginginkan pekerjaan untuk menjadi Staff Administrasi, meskipun pekerjaan ini lebih banyak di dominasi oleh wanita tapi tidak tertutup kemungkinan bagi pria untuk menduduki posisi ini, berikut tugas dan tanggung jawab Staff Administrasi.
Administrasi perkantoran adalah proses pengawasan pengoperasian kantor secara rutin dan terus menerus. Administrasi perkantoran seringkali sulit dibedakan dengan tata-usaha perkantoran, karena memiliki beberapa persamaan seperti:
- Berperan penting dalam melayani tugas pokok perusahaan secara umum.
- Bertujuan untuk mengumpulkan dan menyediakan segala macam data dan informasi yang berguna.
- Mendukung perkembangan perusahaan secara menyeluruh.
Walaupun begitu, sebenarnya tata-usaha perkantoran masih menjadi bagian dari administrasi perkantoran. Tepatnya adalah bagian terkecil yang melibatkan pegawai rendah dengan ketrampilan praktis seperti mencatat, mengetik, menyortir, menyimpan arsip, dan sebagainya.
Tugas utama bagi seorang staff Administrasi adalah melaksanakan kegiatan pelayanan kantor, penyediaan fasilitas dan layanan administrasi perkantoran, sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan.
Untuk lebih memahami pengertian administrasi perkantoran, coba simak tugas – tugas dari seorang pegawai administrasi perkantoran berikut ini:
- Komunikasi
Komunikasi disini bisa berupa email, telepon, atau bahkan bertemu secara langsung. Sebagai pegawai administrasi perkantoran, terkadang Anda diperlukan untuk berbicara dengan pihak luar mewakili perusahaan. Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Anda juga harus menguasai semua informasi yang ada di perusahaan. Pegawai administrasi perkantoran yang biasa mendapat tugas semacam ini adalah pegawai dengan level tinggi, misalnya setingkat manager atau direktur.
- Melayani Customer
Terkadang ada customer yang memerlukan informasi lebih lanjut tentang perusahaan, terutama tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini mestinya tidak akan menjadi masalah jika Anda bisa berkomunikasi dengan baik. Namun terkadang, customer ingin menyampaikan komplain ketika mereka menghubungi pihak perusahaan. Inilah yang terkadang menjadi tantangan khusus untuk Anda. Disini, Anda harus melatih kesabaran dan kemampuan memahami kebutuhan customer. Tugas melayani customer biasanya dipegang oleh divisi customer service atau public relation.
- Pendataan
Dalam menjalankan suatu bisnis, tentunya ada banyak data dan informasi yang terbuat dan terkumpul. Adalah tugas pegawai administrasi perkantoran untuk memilah data – data tersebut, menyusunnya secara sistematis, mengupdatenya secara rutin, menyimpannya dengan rapi, dan menyediakannya kepada pihak lain ketika dibutuhkan. Pendataan yang bersifat sederhana biasanya dikerjakan oleh bagian tata usaha atau karyawan dengan level rendah seperti staff.
- Pengorganisasian
Salah satu bagian tugas dari administrasi perkantoran adalah mengorganisir setiap karyawan yang terlibat dalam suatu proyek atau proses produksi. Tugasnya meliputi mengawasi dan membimbing karyawan rendah, mengerjakan tugas dari atasan, memonitor jalannya proyek atau proses produksi agar berjalan sesuai rencana.
Bagi Anda yang ingin kuliah Administrasi Perkantoran, daftarkan segera diri Anda di Ghanesa College yang merupakan lembaga pendidikan calon profesional muda program 1 tahun dan siap kerja. Ghanesa Group merupakan lembaga kursus terbaik di Samarinda.
Telepon : (0541) 731831
No HP : 082326996688
WA : 089633678231
BBM : 7DD9A3B8
E-mail : info_gc@ghanesagroup.co.id
Facebook : Lembaga Ghanesa
Twitter : @ghanesa_center
Alamat : Jl. Gunung Ceremai No. 4 RT.40 Tlp (0541) 731831, Kelurahan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda , Provinsi Kalimantan Timur.