Ghanesa CollegeJurusan Front Office merupakan program studi bidang hospitality yang secara spesifik mengarahkan lulusannya untuk bekerja di industri perhotelan. Tingginya minat dan kebutuhan akan akomodasi penginapan sejak beberapa tahun silam membawa pengaruh yang signifikan pada pendidikan di bidang hospitality. Tidak terbatas pada jurusan perhotelan saja, kini tersedia berbagai program studi yang menawarkan spesifikasi yang lebih detail.

Departemen front office adalah bagian yang sangat esensial di sebuah akomodasi karena bertugas untuk melakukan kontak langsung dengan para tamu. Fungsi utama dari departemen ini adalah terkait reservasi, layanan tamu, check-incheck-out, keuangan dan kasir, penentuan kamar, dan pemeriksaan.

Saat tamu punya masalah, pertanyaan, atau komentar, mereka biasanya akan langsung menuju ke bagian Front Office. Dengan kata lain, departemen yang satu ini berperan sebagai delegasi yang menghubungkan antara kebutuhan tamu dengan departemen terkait.

Secara umum, fungsi operasional departemen front office dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, di antaranya:

  1. Pendaftaran tamu : melakukan semua kegiatan yang berkaitan dengan pendaftaran tamu, seperti check-in, penentuan kamar, penyambutan tamu, tarif kamar, dan lainnya
  2. Layanan tamu : memenuhi semua aktivitas terkait layanan tamu
  3. Riwayat dan arsip tamu : membuat dan mengelola data terkait profil tamu, riwayat, suka dan tidak suka, mengumpulkan feedback, dan lainnya
  4. Database tamu : mengembangkan dan memelihara informasi tamu secara komprehensif
  5. Status kamar : bertanggung jawab untuk memperbarui status kamar
  6. Reservasi : bertanggung jawab atas reservasi kamar dari berbagai sumber dan mengarsipkan catatan reservasi
  7. Telepon : memfasilitasi kebutuhan tamu terkait telepon internal maupun eksternal dan bertugas membangunkan tamu sesuai permintaan
  8. Pusat informasi : menjawab pertanyaan dan kebutuhan tamu

Diharapkan :

  • Mengetahui bagaimana cara menerima tamu dengan baik dan benar.
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi
  • Pengetahuan Ilmu Administrasi Perkantoran
  • Pengetahuan Ilmu Manajemen Perhotelan
  • Kemampuan pengarispan surat menyurat
  • Pengetahuan standar keamanan dan keselamatan publik
  • Penguasaan bahasa asing

Kegiatan Tambahan :

  • Kuliah Umum dari Praktisi Bisnis
  • Materi Wiraga, Tata Rias, Table Manner, dan lain-lain
  • Konseling
  • Pramagang

Prosepek Kerja :

  • Di sebua Hotel
  • Staf Resepsionis
  • Supervisor
  • Frontdesk manager

Fasilitas Belajar:

  • Gedung yang memadai
  • Ruangan berAC
  • Parkiran Luas
  • Internet Gratis

Biaya Kuliah : 

Hubungin bagian akademik mengenai Biaya Kuliah

Ayo Segera Daftarkan Diri Anda, nikmati proses pembelajarannya dan manfaat mengikuti program ini!